22 Jul 2017

Kuliner Bali: Aneka Sambal Khas Bali



Bagi para pecinta sambal, kamu perlu tahu jenis sambal yang menjadi ciri khas Bali. Karena pastinya ga akan lengkap rasanya jika makan tanpa sambal. Hampir di setiap masakan Bali yang disajikan, sambal khas Bali akan selalu menjadi pendamping yang akan menambah nikmat rasa makanannya. Bahkan di beberapa makanan kekinian, sambal khas Bali ini digunakan juga sebagai kondimen untuk menambah cita rasa lho..

Berikut beberapa jenis sambal khas Bali yang menggugah selera :
1. Sambal Matah

Sambal ini merupakan sambal yang sangat populer di Bali. Sesuai dengan namanya, sambal ini menggunakan bahan mentah (tidak ada proses pemasakan terlebih dahulu). Bahan umum yang digunakan dalam sambal matah antara lain bawang merah, bawang putih, cabe rawit, daun jeruk, jeruk, trasi bakar, garam dan minyak kelapa. Semua bahan diiris halus kemudian disiram dengan minyak kelapa yang telah dipanaskan dan siap disajikan. Bahan dan cara pembuatannya simple banget, jadi kamu bisa bikin sendiri sesuai dengan tingkat kepedasan yang kamu inginkan. Ngebayanginnya aja udah ngiler apalagi pas udah jadinya ya.. bisa-bisa langsung disikat abis sambalnya.

Ada beberapa varian sambal matah yang dikenal oleh masyarakat Bali, antara lain sambal matah polos, sambal matah serai (sambal matah polos yang dicampur dengan irisan batang serai), sambal matah bongkot / batang kecombrang (sambal matah polos yang dicampur dengan irisan bongkot).

Sambal matah ga hanya cocok untuk disajikan dengan makanan tradisional Bali aja lho, kamu bisa menambahkan sambal matah di berbagai jenis makanan. Salah satu contohnya adalah Indomie Sambal Matah (salah satu makanan kekinian yang populer dari Warung UpNormal).. Yummy!!


2. Sambal Mbe

Walaupun ga sepopuler sambal matah, namun sambal mbe juga wajib kamu coba. Bahan utama dari sambal mbe ini pada dasarnya sama dengan sambal matah yaitu bawang merah, bawang putih dan cabe rawit yang sudah diiris-iris. Semua bahannya akan digoreng terlebih dahulu untuk kemudian dicampur jadi satu dan diberi terasi bakar serta perasan jeruk nipis. Hmmm..ngebayanginnya aja udah enaknya ya..


3. Sambal Tingkih/Kemiri
 
Kemiri atau Tingkih dalam bahasa Bali merupakan bahan utama yang digunakan selain bahan lainnya seperti bawang merah, bawang putih dan cabe. Khusus untuk kemirinya akan dihaluskan terlebih dahulu sebelum ditumis dan kemudian dicampur jadi satu dengan bahan lainnya. Penambahan kemiri ini pastinya akan membuat sambal tingkih ini memiliki rasa pedas gurih.
Sambal ini berbahan dasar kelapa tua bakar yang diparut atau yang disebut Nyuh dalam bahasa Bali. Kelapa tua akan dibakar diatas api kecil baru kemudian di parut dan dicampurkan dengan bumbu lain yang telah dihaluskan seperti bawang putih, cabe, garam, terasi serta gula Bali.



4. Sambal Nyuh/Kelapa Parut

Sambal Nyuh ini biasanya menjadi campuran dalam serombotan yaitu salah satu kuliner khas Bali yang mirip dengan pecel di Jawa. Serombotan terdiri dari sayuran rebus dan diberi sambal nyuh, taburan kacang. Serombotan sendiri adalah salah satu kuliner khas Klungkung Bali.

Jadi, yang mana pilihan kamu? yang pasti semuanya mantap pedasnya!!

#JaenIdupDiBali

Ini bukan guide untuk wisatawan.
Ini guide bagi perantau, backpacker dan turis ber-budget yang tinggal di Bali.
Ini adalah wadah para pendatang bertukar info tentang Bali.

*) Jaen idup di Bali = Enak hidup di Bali!

Recent

Random