23 Oct 2016

Tips Nyetir Sepeda (Motor) Di Bali



Kalau kamu sudah jago nyetir sepeda motor, skip aja tips ini. Tapi kalau kamu sama sekali belum pernah 'menyentuh' sepeda motor, ini dia tips untuk kamu. Pada hakekatnya sih sama saja dengan naik sepeda (gayung)*. Keseimbangan sangat diperlukan di sini. Next step, koordinasi tangan dan kaki juga diperlukan, terutama untuk motor bebek dan motor lain dengan kopling.

Untungnya saat ini sudah banyak motor matic yang mudah digunakan. Logikanya seperti naik boom boom car, kok. Cuma tinggal putas handle gas untuk maju, lalu kendalikan arah dengan stang. It's easy peasy!

Beberapa tips ini penting untuk kamu baca sebelum berkeliaran dengan sepeda motor di Bali nih:


1. Pastikan kamu punya SIM C.

Kalau belum punya, bikinnya gampang di Polres atau juga sudah tersedia layanan pembuatan SIM online. Pastikan juga surat-surat motor lengkap, sekalipun itu motor pinjaman atau sewaan. Perlu diketahui ada banyak razia sepeda motor di jalan-jalan penting di Bali, terutama area Denpasar. Catat nomor telepon penyewaan motor di ponselmu dan simpan bukti sewanya. Jadi jika ada masalah di jalan atau dalam keadaan darurat, kamu mudah menghubungi pemilik penyewaan motor.


2. Pakai helm setiap saat.

Walau kadang rasanya mengganggu atau ribet, helm adalah satu-satunya pengaman ketika berkendara dengan motor. Tidak seperti dengan mobil yang melindungi penumpang dengan body-nya, motor tidak punya penghalang jika tubuh terhempas dari kendaraan. Karena itu, penting bagi semua pengendara sepeda motor untuk selalu memakai helm bersertifikat SNI dan pakaian lengkap yang melindungi tubuh. Kalau helm yang kamu gunakan milikmu sendiri, jangan lupa dicuci 3-6 bulan sekali ya!


3. Kaki selalu sigap menapak.

Karena hanya beroda dua, motor sangat mudah terguncang atau hilang keseimbangan. Pastikan salah satu kakimu selalu sigap untuk menapak, atau menjaga keseimbangan ketika motor bergerak perlahan. Mungkin terdengar sulit, tapi ketika dipraktikkan semua akan berjalan alami kok. Koordinasi tubuh dan refleks yang baik akan terlatih dengan banyak belajar. Practice makes perfect! 


4. Perhatikan tumpukan atau sebaran pasir.

Pasir adalah musuh utama pengendara sepeda motor, karena bisa menyebabkan ban selip dan mengganggu keseimbangan motor. Kalau tumpukan pasir ini tidak bisa dihindari, lewati perlahan dan jangan ngebut. Dan kalau ketemu lubang, jangan pernah mengerem atau 'banting stir' ke arah lain. Maju saja terus ke depan, tapi lepas gas untuk mengurangi laju dan meminimalisir benturan. Kalau istilah kekiniannya: lemesin aja!


5. Perlahan kalau hujan.

Mungkin kamu lagi buru-buru atau panik ga bawa jas hujan makanya maunya ngebut ketika mulai hujan. Tapi ini salah. Aspal yang basah membuat jalan cenderung lebih licin, dan kamu akan kesulitan melihat tumpukan pasir atau lubang yang ada. Tancap gas sepeda motor ketika hujan adalah hal terakhir yang boleh kamu lakukan. Amannya, berteduh saja sampai hujan reda. Kalau toh kamu harus meneruskan perjalanan, pakai jas hujan dan pastikan kamu tidak kedinginan terkena air hujan. Sekali lagi: kurangi kecepatanmu di saat hujan!



6. Manfaatkan pepohonan ketika panas.

Udara panas bisa terasa menyengat di kulit dan membuat warna kulit jadi belang. Jadi pintar-pintarlah mencari pepohonan rindang dan berlindung di bayangannya ketika kamu harus berhenti. Lumayan kan kalau ngga usah ikut bergerombol berpanas-panasan di garis depan lampu merah.


7. Menyetir itu intinya menjaga kebodohan orang lain.

Ngga peduli seberapa jagonya kamu ngebut atau menyalip, skill nyetir di jalanan yang sesungguhnya adalah ketika kamu bisa waspada terhadap situasi di sekitarmu. Kamu harus bisa mengira-ngira arah/tindakan kendaraan lain dan menjaga agar kamu terhindar dari itu. Juga, supaya kamu tidak merugikan orang lain yang ada di jalanan itu. Hal terakhir yang harus kamu perhatikan adalah apapun yang ada di belakangmu, jadi fokuskan lebih pada apa yang ada di depan dan kanan-kirimu.


8. Bawa kain pantai

Buat cewek-cewek: selalu bawa kain pantai di bagasi. Kain ini punya multiguna: jadi alas duduk di pasir kalau ke pantai, jadi sarung yang melindungi kulit kaki jika pakaianmu terlalu minim (selain untuk melindungi dari paparan sinar matahari juga untuk menjaga kesopanan berpakaian di tempat ramai), atau jadi jaket darurat jika diperlukan.


Nah, sekarang tinggal sering-sering latihan untuk melancarkan skill-mu. Safe drive ya!


*) Sepeda gayung adalah istilah yang digunakan orang Bali untuk menyebut sepeda/sepeda kayuh. Jika orang Bali menyebut 'sepeda' biasanya mereka merujuk pada 'sepeda motor'.

#JaenIdupDiBali

Ini bukan guide untuk wisatawan.
Ini guide bagi perantau, backpacker dan turis ber-budget yang tinggal di Bali.
Ini adalah wadah para pendatang bertukar info tentang Bali.

*) Jaen idup di Bali = Enak hidup di Bali!

Recent

Random