22 Nov 2016

Bali Snack: Gorengan Lumpia


Siapa yang tidak kenal dengan gorengan bakwan, tahu dan tempe? Makanan sejuta umat ini merupakan cemilan favorit untuk pengganjal perut di kala lapar tiba. Gorengan biasanya disajikan dengan cabe atau mungkin di daerah lainnya disajikan dengan bumbu tambahan seperti bumbu kacang sebagai cocolan yang menambah nikmat rasa gorengan ini.

Namun, di pulau dewata ini, ada variasi gorengan yang disajikan berbeda. Varian ini dikenal dengan nama Gorengan Lumpia atau Lumpiang. Gorengan ini mirip dengan lumpia goreng dari Semarang namun isiannya menggunakan menggunakan kol sebagai pengganti rebung.

Gorengan Lumpia yang disajikan antara lain Lumpia Goreng, Bakwan (atau yang dikenal di Bali/Jawa Timur dengan sebutan Ote -Ote), Gorengan Tahu dan Tempe yang dipotong kecil-kecil. Sajian ini lalu dilumuri bumbu kental berwarna kecoklatan yang merupakan campuran dari kacang, tauco, sedikit kecap manis dan bumbu lainnya. Terakhir, taburan irisan cabe rawit hijau sesuai dengan tingkat kepedasan yang diinginkan. Mmmm.. kebayang sedapnya!

penjaja gorengan lumpia

Bagi para pecinta gorengan, tidak ada salahnya mencoba varian gorengan Lumpia khas Bali ini. Harga gorengan Lumpia ini juga relatif murah yaitu mulai dari Rp 2.000 saja. Gorengan lumpia biasanya dijajakan oleh pedagang keliling dengan memakai kotak berisi gorengan dan kotak tersebut dibawa di atas kepala sang penjual Lumpia. Diperlukan kekuatan leher dan keseimbangan yang luar biasa untuk seorang penjual Lumpia untuk dapat membawa kotak berisi gorengan beserta bumbunya.

Biasanya penjaja gorengan lumpia ini bisa kamu temui di lokasi umum, seperti:
  • Pantai Kuta
  • Pantai Petitenget
  • Pantai Sanur
  • Pasar tradisional
  • Warung Rujak Merdeka, halaman parkir Ayam Betutu Gilimanuk, Jl. Merdeka, Renon, Denpasar. Open 10:00-18:00.

#JaenIdupDiBali

Ini bukan guide untuk wisatawan.
Ini guide bagi perantau, backpacker dan turis ber-budget yang tinggal di Bali.
Ini adalah wadah para pendatang bertukar info tentang Bali.

*) Jaen idup di Bali = Enak hidup di Bali!

Recent

Random